fbpx

Manfaat Mendengarkan Musik, Bisa Meningkatkan IQ Loh!

Siapa sih yang tidak suka mendengarkan musik? Mayoritas kebanyakan orang gemar mendengarkan musik, mulai dari gender pop, rock, jazz, folk, dan masih banyak lagi. Selain enak didengar, musik juga banyak memiliki manfaat lainnya.

Pada tingkat molekuler, penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat meningkatkan kesejahteraan mental dan fisik pendengarnya. Apabila dilihat dari pandangan sains, sangat banyak manfaatnya.

Apa aja sih manfaatnya itu? Yuk! disimak pada artikel ini mengenai manfaat mendengarkan musik dari sudut pandang sains.

1. Musik Membuat Kita Bahagia

Sangat jelas bahwa musik bisa membuat pendengarnya bahagia. Fakta menarik lainnya adalah ketika anda membutuhkan dorongan emosional untuk beraktivitas, dengan mendengarkan musik yang anda suka selama kurang lebih 15 menit, dapat langsung meniningkatkan mood anda. Hal ini terjadi karena otak anda melepaskan dopamin, neurotransmitter yang mengarah pada peningkatan rasa bahagia.

2. Musik Meningkatkan Kemampuan Kita Dalam Berlari

Berlari adalah olahraga yang sangat sederhana, banyak orang rutin berlari untuk menurunkan berat badan atau menjaga kebugaran tubuhnya. Tapi tahukan kalian bahwa berlari sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan kemampuan kita? Para ilmuan menemukan bahwa pelari yang mendengarkan musik dengan tempo cepat berlari lebih cepat ketimbang pelari yang mendengarkan musik dengan tempo lambat atau bahkan berlari tanpa mendengarkan musik.

3. Musik Mengurangi Tingkat Stress

Musik memiliki efek langsung pada hormon kita. Jika kita mendengarkan musik yang disukai, itu dapat menurunkan kada hormon kortisol dalam tubuh kita, dan dapat menangkal efek stres kronis. Stres menyebabkan 60% dari semua penyakit, jika tingkat stres kita rendah, berarti peluang terjangkit penyakit juga semakin rendah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekelompok orang yang memainkan berbagai alat musik dan bernyanyi menyebabkan peningkatan sistem kekebalan tubuh dibandingkan dengan orang yang hanya mendengarkan secara pasif.

4. Musik Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mendengarkan musik klasik atau santai dalam waktu satu jam sebelum tidur secara signifikan meningkatkan kualitas tidur, dibandingkan dengan mendengarkan buku audio atau tidak melakukan apa pun sebelum tidur. Kita tahu bahwa musik dapat secara langsung memengaruhi hormon kita, jadi mendengarkan Beethoven sebelum tidur merupakan ide yang baik untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

5. Musik Membantu Diet

Menurut penelitian, kombinasi pencahayaan lembut dan musik membuat orang mengonsumsi lebih sedikit makanan (dan lebih menikmatinya). Jadi media ini bisa membantu orang-orang yang ingin melakukan diet.

6. Musik Meningkatkan Mood Ketika Berkendara

Sebuah penelitian menemukan bahwa mendengarkan musik secara positif memengaruhi suasana hati kita saat mengemudi, yang jelas mengarah pada perilaku yang lebih aman dan mengurangi kemarahan di jalan. Jadi pastikan untuk menyalakan lagu ketika berkendara, selain menyenangkan juga membuat kita lebih berhati-hati dalam mengemudi.

Baca juga: Lirik Lagu Ice Cream Blackpink ft Selena Gomez

7. Musik Memperkuat Daya Ingat

Mendengarkan musik juga dapat membantu kita mempelajari dan mengingat informasi dengan lebih efisien, menurut penelitiankata peneliti. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa musisi sebenarnya belajar lebih baik dengan musik netral, tetapi diuji lebih baik dengan musik yang mereka sukai, sedangkan non-musisi belajar lebih baik dengan musik positif tetapi diuji lebih baik dengan musik netral.

8. Musik Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90% anak-anak antara usia 4 dan 6 tahun telah mengalami peningkatan kecerdasan verbal secara signifikan setelah hanya sebulan mengikuti pelajaran musik, di mana mereka belajar tentang ritme, nada, melodi, dan suara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan musik memiliki efek transfer” yang meningkatkan kemampuan anak untuk memahami kata-kata, bahkan lebih dari itu, menjelaskan maknanya.

9. Musik Meningkatkan IQ dan Kemampuan Akademik

Penelitian menunjukkan bahwa mengambil pelajaran musik meningkatkan kinerja akademis dan IQ yang lebih tinggi pada anak-anak. Dalam sebuah penelitian, anak usia 6 tahun yang mengikuti pelajaran keyboard atau menyanyi dalam kelompok kecil selama 36 minggu mengalami peningkatan IQ dan hasil tes pendidikan standar yang jauh lebih besar daripada anak-anak yang mengambil pelajaran drama atau tanpa pelajaran.

10. Musik Membantu Meringankan Penyakit Mental

Musik benar-benar berpengaruh terhadap otak. Peneliti neurologis telah menemukan bahwa mendengarkan musik memicu pelepasan beberapa zat kimia saraf yang berperan dalam fungsi otak dan kesehatan mental.

11. Musik Merilekskan Pasien Sebelum / Setelah Operasi

Para peneliti menemukan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan sebelum operasi mengurangi kecemasan. Faktanya, ini bahkan lebih efektif daripada diberikan secara oral Midazolam, obat yang sering digunakan untuk membantu pasien agar merasa mengantuk namun memiliki efek samping seperti batuk dan muntah. Penelitian lain menunjukkan bahwa mendengarkan musik yang menenangkan sambil beristirahat di tempat tidur setelah operasi jantung terbuka meningkatkan relaksasi.

12. Musik Mengurangi Rasa Sakit

Penelitian di Drexel University di Philadelphia menemukan bahwa terapi musik dapat mengurangi rasa sakit lebih baik daripada pengobatan standar pada pasien kanker. Penelitian lain menunjukkan bahwa musik dapat mengurangi rasa sakit pada pasien perawatan intensif dan pasien perawatan geriatri, tetapi pilihannya harus berupa karya klasik, musik meditatif, atau lagu yang dipilih pasien.

Baca juga: Lagu Galau Indonesia yang Bikin Susah Move On


Selain 12 manfaat yang telah dijelaskan ini, sebenarnya masih banyak lagi manfaat mendengarkan musik lainnya. Para ilmuan masih terus melakukan penelitian tentang manfaat mendengarkan musik, jadi masih banyak fakta-fakta lainnya yang akan kita temukan di kemudian hari.

Jadi manfaat mana yang paling kalian rasakan? Yuk komen di kolom komentar di bawah!

Share to the world!
Default image
Faris Fathurahman

Leave a Reply