fbpx

Brand Sepatu Lokal Terbaik, Mulai dari Rp100rb-an saja!

Brand sepatu lokal sedang menjadi pembicaraan hangat belakangan ini. Apalagi semenjak Presiden Joko Widodo mulai menggunakan sepatu lokal untuk kegiatannya sehari-hari. Hal ini memberikan angin segar kepada para pengusaha sepatu lokal, karena merasa lebih diperhatikan oleh pemerintah.

Menjamurnya sneakers lokal sendiri masih terbilang berumur muda. Founder sekaligus Creative Director Rafheoo Footwear, Hendi Dermawan Putra mengatakan, beberapa brand lokal mulai tampak sekitar 4-5 tahun yang lalu. Namun, baru mulai menjamur di sekitar tahun 2017.

Untuk merangkum berbagai brand sepatu lokal yang tengah naik daun, biramalife akan memberikan 20 daftar brand sepatu lokal terbaik, yang bisa kalian jadikan referensi.

1. Sepatu Compass

brand sepatu lokal compass

Merek sepatu kets Indonesia asli ini konon sempat membuat sesak Jakarta Sneakers Day 2019. Didirikan 1998, Compass sendiri sempat alami kebuntuan, hingga akhirnya pada 2017 Aji masuk untuk menangani sisi kreatif dan strategi bisnis.

Hal pertama yang dilakukan Aji adalah membuat seri Gazelle, yang langsung memberikan sentuhan lain pada sneakers lokal saat itu, yang didominasi ala Vans.

Salah satu yang menjadi pembeda bisa dilihat dari toe cap berukuran seperempat dari umumnya. Desain semacam ini diklaim terinspirasi sepatu vintage tahun 1940-an.

Setelah akhir tahun lalu menghebohkan sepatu lokal karena harga resale nya hingga jutaan. Sepatu Compass akhirnya merilis kolaborasinya dengan PotMeetsPop yang sempat dibatalkan sebelumnya.

Rilis kolaborasi Compass ini akahirnya dirilis secara online di tokoopedia. Dan yang fenomenall adalah, rilisan ini habis dalam hitungan menit. Walau kemudian ada drama kontroversi karena harga resale nya yang sangat tinggi, jarang dari mereka menggunakan sepatu ini, sebih banyak untuk dijual lagi. Sepatu Compass merupakan salah satu brand sepatu lokal terbaik yang ada di pasaran saat ini.

2. Word Division

brand sepatu lokal word division

Word Division adalah salah satu merek sneakers lokal yang sempat fenomenal karena desainnya. Merek sneakers asal Bandung itu menggunakan siluet yang terinspirasi dari Vans Old Skool dengan memberikan sentuhan logo petir pada bagian samping.

Bagi kamu yang menyukai gaya ala skateboarder sangat cocok mengenakan sneakers ini. Coba saja kamu padu padankan dengan kaos dan celana panjang model cargo, tentu penampilanmu akan menarik perhatian. Harga sepatu Word Division berkisar Rp400 ribuan.

3. Nah Project

brand sepatu lokal nah project

NAH Project adalah pelopor dan masih menjadi satu-satunya Brand Indonesia yang melakukan metode transparency pricing.

Tapi apa sih itu transparency pricing?

Nah Project menerapkan transparansi harga dimulai ketika tim Nah Project sadar akan satu hal: sangat sulit untuk menjaga harga produk tetap murah tanpa bermain-main dengan kualitasnya.

Hal ini membuat tim Nah Project punya cerita yang tidak banyak orang tahu. Seperti saat Nah Project ingin membuat apparel dengan harga yang murah sehingga Nah Project harus berkeliling Bandung untuk mencari material yang murah lalu memberikan material itu ke vendor hanya untuk menghemat harga produksi sebesar 5000 rupiah.

Yang menarik dari merek lokal ini adalah sempat mendapat endorse dari presiden Jokowi.

4. Brodo

brand sepatu lokal brodo

Nama brand asli Indonesia Brodo sudah tidak asing lagi karena sepatu dengan bahan dasar kulit ini selalu mengedepankan kualitas premium dalam setiap produknya. Hal itu membuat Brodo diterima dengan hangat oleh khalayak dan menjadi merek sepatu lokal yang bisa diandalkan.

Brodo beredar di pasaran berkat dua orang lulusan ITB, bernama Yuka dan Putra yang merintis bisnisnya di kota Bandung. Beragam Desain dan variasi bentuk desain brodo dapat Kamu pilih seperti alas kaki formal untuk ke kantor, sneakers, boots, sepatu sekolah dan untuk anak.

5. Ventela

brand sepatu lokal ventela

Sepatu lokal pertama yang banyak diminati oleh kaum milenial adalah Ventela. Merk satu ini diproduksi oleh pabrik besar di Bandung yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Awalnya bernama Dallas, lalu dilahirkan kembali dengan nama Ventela. Kelebihan sepatu ini ada tiga hal. Pertama, insole nya sangat ringan, insole empuk, dan kanvasnya ada 12 oz. nah, material kanvas yang dibuat pada sepatu ini memberikan tekstur kuat, kaku, dan tebal. 

6. Geoff Max

brand sepatu lokal geof maxx

Belakangan semakin banyak merek sepatu Indonesia yang berkualitas. Apalagi kamu penggemar sneakers, merek dalam negeri ini bisa menjadi alternatif.

Selain harganya lebih terjangkau dibanding sneakers branded luar negeri, Geoff Max mempunyai kualitas yang bisa diandalkan. Desain dan siluet sepatu sneakers Geoff Max yang sangat variatif sangat sangat sesuai untuk anak-anak muda. Desainnya yang simpel juga menjadikan banyak penggemarnya menggunakan sepatu ini . sebagai sepatu sekolah.

7. Saint Barkley

brand sepatu lokal st barkley

Saint Barkley adalah salah satu produk sneakers lokal yang berasal dari Bandung. Produk yang satu ini cukup menjadi perhatian karena memiliki sejumlah koleksi sneakers keren mulai dari yang berdesain klasik, high-top dan slip on. Sneakers dari Saint Barkley telah diekspor hingga ke berbagai negara karena kualitasnya tidak kalah dengan sepatu dari luar negeri.

Saint Barkley yang dikira buatan luar negeri. Padahal, brand satu ini merupakan asli Bandung yang mempunyai kualitas mumpuni. Nah, saking kualitasnya yang sangat yahut, Presiden Jokowi pernah membeli sepatu dari merk ini pada saat acara Jakarta Sneaker Day 2018 silam. 

8. Wakai

brand sepatu lokal wakai

Sering diskon dan sering melihatnya di beberapa mall, melihat nama merek alas kaki ini, Kamu mungkin sempat berpikir bahwa Wakai adalah merek asal Jepang.

Terlebih pada logo Wakai terpampang huruf Jepang (kanji) yang disusun dalam bidang berwarna merah. Perlu Kamu kettahui, Wakai adalah benar-benar merek asal Indonesia asli yang berada di bawah naungan Metroxgroup. Memang, melibatkan tangan-tangan orang Jepang dalam hal desain sepatu Wakai ini.

Wakai, merupakan bahasa Jepang yang berarti “anak muda”, dikenal dengan desain dan model santai. Bahan terbuat dari kanvas dengan sol yang datar atau disebut juga dengan espadrilles.

Buat Kamu yang sedang mencari sepatu untuk santai sila kunjungi gerai Wakai di mall-mall terdekat.

9. Exodus57

brand sepatu lokal exodus57

Exodus57 memiliki keunikan pada sneakers-nya karena memiliki desain vintage yang keren. Meski begitu, sneakers yang dihasilkan brand ini tidak akan membuat kamu terlihat ketinggalan zaman karena style cutting-nya sangat berkelas dan bisa membuat tampilan menjadi lebih cakep. Sneakers dari Exodus57 dibuat dari bahan kulit yang berkualitas. Kualitas dari sneakers dari Exodus57 juga tidak perlu dipertanyakan lagi karena telah memiliki penggemar hingga ke luar negeri.

Jokowi juga tertarik dengan brand lokal bernama Exodos57. Merk ini mempunyai gaya yang unik dengan konsep jadul yang terlihat dari cutting vintage. Walaupun agak jadul, tapi tampilannya begitu mewah, sehingga tampak kece ketika dipakai. Untuk harganya dimulai dari Rp350 ribu. 

10. Pijak Bumi

brand sepatu lokal pijak bumi

Selain merilis sneakers yang keren, PijakBumi juga memiliki keunikannya sendiri karena menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan. Sejak dirilis sejak tahun 2016 lalu, brand yang satu ini tetap fokus membuat sneakers dari bahan alami sehingga tidak menghasilkan limbah.

Koleksi produk dari PijakBumi juga tersedia baik untuk pria atau wanita dengan berbagai macam ukuran. Desain dari sneakers-nya pun sangat menarik dengan warna-warna bumi seperti cokelat, khaki dan hitam.

11. Thanksinsomnia

brand sepatu lokal thanksinsomnia

Thanksinsomnia merupakan merk lokal yang mengeluarkan koleksi sepatu dengan desain yang mayoritas klasik dan vintage.

Dua andalan jenis sneakers yang baru saja dirilis adalah Thanksinsomnia Bone Sneakers dengan rubber gum pada bagian solnya dan koleksi sneakers hasil kolaborasi dengan Queen Beer Jeans.

Dengan harga yang sangat terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan sneakers yang nyaman, dengan desain yang unik serta menarik untuk dilihat, dan juga kualitas yang memungkinkan sneakers untuk tahan lama. Cocok banget nih untuk kalian yang mau nonton konser dengan menggunakan sneakers ini.

12. Piero

brand sepatu lokal piero

Nama sepatu ini mengingatkan kita pada pemain bola terkenal asal Italia, Alessandro del Piero. Padahal, nama Piero sebenarnya diambil dari bahasa Jawa “urip” yang berarti “hidup”.

Piero mulai dikenal luas sejak awal tahun 2000-an, beberapa saat setelah krisis moneter melanda Indonesia. Orang dibalik kesuksesan Piero adalah Djimanto. Piero dapat dikategorikan sebagai pemain lama, sudah banyak orang juga yang tahu brand ini, sebab Piero merupakan salah satu brand sepatu lokal terbaik yang ada.

Merek sepatu asli Indonesia ini, dapat diandalkan secara kualitas maupun desain. Belakangan Piero juga merilis seri premium dan kolaborasi tentunya layak menjadi salah satu pilihan koleksi Kamu. Salah satu yang kita ingat tenttu kolaborasi Piero dengan Indonesia Sneakers Team.

13. Poison Street

brand sepatu lokal poison street

Poison Street yang menyita perhatian anak muda. Ini karena ada berbagai macam sneakers yang bertali atau slip on. Menariknya lagi, merk satu ini juga kebanyakan memiliki warna hitam dan putih yang tentu saja bisa dipakai oleh anak-anak sekolah. 

Brand lokal yang satu ini juga sudah cukup dikenal di kalangan milenial. Poison Street memiliki beberapa koleksi sneakers yang bisa dipilih sesuai selera kamu. Terdapat sneakers dengan desain klasik yang simple hingga model slip on. Sneakers dari Poison Street juga disukai oleh anak sekolah karena banyak produk sneakers-nya yang memiliki warna hitam.

14. Kodachi

brand sepatu lokal kodachi

Produksi Kodachi awalnya sempat hiatus beberapa dekade. Tetapi kini, sepatu capung ini kembali diminati banyak pencinta sneakers klasik. Awalnya, sepatu ini memang bukan produk asli Indonesia. Namun di tahun 2000-an Kodachi sudah 100% produk lokal karena proses produksi sudah diambil oleh orang Indonesia.

Karena Kodachi banyak dipakai oleh para pencinta parkour, sepatu produksi Kodachi dibekali dengan produksi sol karet berkualitas tinggi. Sepatu Kodachi juga dilengkapi dengan anti slip agar pemakai tidak mudah terpeleset. Harga sepatu ini juga terjangkau hanya sekitar Rp99 ribuan saja. Murah kan?

15. Eagle

eagle

Bisa dibilang ini adalah merek lokal asli yang melegenda. Eagle merupakan brand sepatu Indonesia yang menjadi leader sejak lama untuk urusan sepatu olahraga.

Eagle telah beredar di pasar Indonesia sejak 1986 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk yang berkualitas.

Model-model Eagle bervariasi dari ukuran dan warna juga fungsionalitasnya sebagai sepatu running, sepatu jogging, sepatu sneakers, sepatu tenis, sepatu futsal, sepatu sekolah, dan sandal.

16. Amble Footware

amble

Agit Bambang S adalah anak muda asal Bandung yang telah menciptakan merek lokal go international bernama Amble Footwear.

Sepatu awet dan berkualitas ini sudah diterima pasar global lho! Ada berbagai jenis alas kaki dengan desain sederhana dan berkelas dari Amble Footwear. Anda bisa menemukan alas kaki jenis moccasins, loafers, hingga oxfords untuk pria maupun wanita.

17. League

league

Perpaduan antara olahraga (sport) dan gaya hidup (lifestyle) dalam setiap produk yang diluncurkannya merupakan konsep dari League. Terlihat dari sneakers League yang selalu menampilkan model dan desain sepatu olahraga yang terlihat sporty dan juga trendy.

League turut meramaikan pasaran lokal di bawah manajemen perusahaan ritel dan pemasaran Berca Retail Sportindo dimulai pada tahun 2003 dan kini telah menjadi ikon alas kaki olahraga yang digemari oleh orang muda maupun dewasa.

Beberapa waktu lalu memang League sempat dikenal pada produk sepatu futsal, namun belakangans League menawarkan beragam sepatu basket, running, sepakbola, futsal yang kualitasnya sangat bagus.

Selain sepatu olahraga League juga merilis sneakers penuh gaya yang bisa jadi tambahan koleksi sneakers kamu.

18. Forever Young Crew

fyc

Berkat logo pisangnya, FYC (singkatan Forever Young Crew) dikenal di luar negeri lhoBrand milik Ucay Rocket Rockers ini sudah mulai memasuki pasar internasional. Ciri khas logo pisang di setiap detail sepatu FYC memang membuat keunikan tersendiri.

Sepatu simpel FYC berkisar Rp300 ribuan, mari bangga menggunakan produk dalam negeri yang tak kalah bagus dan keren dengan produk luar negeri!

19. Portee Goods

portee goods

Portee Goods, salah satu produk sepatu lokal asli Bandung yang sudah berdiri sejak 2011 menyediakan beragam jenis sepatu yang bisa kamu sesuaikan dengan aktivitasmu. Ada dua seri sepatu yang dijual, classic series dan life series.

Menariknya, Portee Goods juga menyediakan custom design untuk menyesuaikan dengan keinginan pribadi.

Itu dia brand sepatu lokal terbaik dengan berbagai macam tipenya. Bagaimana, tidak kalah dengan produksi merk luar, kan? Yuk, dukung produk lokal agar dikenal oleh mancanegara dan kualitasnya dapat selalu mengalami peningkatan.

Share to the world!
Default image
Faris Fathurahman

Leave a Reply